Selasa, 21 Februari 2012

Bakso Malang






Bakso mungkin salah satu kudapan asli Indonesia yang jadi favorit semua orang. Dari dulu sejak saya masih kecil jajannya bakso, mulai dari nongkrongin abang-abang bakso leawt rumah..sampai SMP pun, di SMP saya di Surabaya di daerah Kepanjen, berjajar rapi pedagang foodstall yang menjajakan makanan lezat mulai dari lontong balap, bakso, mie ayam dll. Kalo yang di depan sekolah saya kuah baksonya unik karena sewaktu disajikan abangnya menambahkan bumbu koya sebagai penambah sedapnya Bakso ini, duuh kangen banget rasanya andog di Bakso depan SMP saya ini. Kebetulan suami asli kera Ngalam (baca: Malang) Jadi setiap lebaran, malemnya walaupun dari pagi sampai siang lidah kita dimanjakan oleh nikmatnya Lontong cap Gomeh buatan mertua, teteup suami bakal ngajakin saya berdua aja, andog bakso malang :) boncengan naik motor sambil menikmati suasana Malang yang memang berhawa sejuk...terakhir dihangatkan oleh hangatnya kuah Bakso Malang yang nikmat tiada tara...

Bahan dasar bakso:
8siung bawang putih haluskan
750gr daging sapi giling
400gr tepung kanji/sagu
100gr es batu
1sdt merica halus
7sdm garam

Pangsit dan siomay:
40lembar wonton skin (kulit pangsit)

Bahan kuah khas Bakso Malang:
3,5liter air
1kg tulang ayam
7sdt garam
3sdt gula
4siung bawang putih, memarkan
1sdt kaldu ayam bubuk
1/2sdt merica
2btg daun bawang
2btg daun seledri rajang halus
6lbr daun jeruk

Pelengkap:
Daun seledri rajang halus
Bawang goreng
Sambal Rawit
Soun
Saos tomat merah khas Malang

Cara membuat adonan dasar bakso:
tumis bawang putih sampai harum kemudian giling bahan tumisan dengan sisa bahan menggunakan food processor sampai halus. Didihkan air, setelah mendidih matikan api, bentuk bakso bulat-bulat dengan tangan dibantu dengan sendok untuk membentuknya, masukkan kedalam air panas. Setelah semua adoanan dibentuk, didihkan kembali air rebusan sampai semua bakso mengambang dan matang.

Cara membuat kuah bakso:
Tumis bawang puting kemudian masukkan kedalam air rebusan tulang dengan api kecil, masukkan bahan-bahan kuah lainnya sampai benar-benar mendidih.

Cara membuat pangsit goreng:
Isikan bahan dasar kedalam kulit pangsit, bisa divariasikan dengan parutan wortel, atau menambahkan ayam dan udang giling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar