Selasa, 21 Februari 2012

Sup Tom Yam

Sebenarnya saya sudah terbiasa makan Sup Tom Yam ini di Jakarta..memang rasanya asem-asem pedas segar, kalo dirasa-rasa gak jauh beda seperti sayur asem cuma Ingredients-nya yang beraneka ragam Seafood itu. Resep ini mengobati kangen sewaktu saya terbang di Arab beberapa tahun yang lalu, lho kok? Tom Yam mengingatkan Arab? Iya karena jujur saya saya kurang suka makanan khas arab which is aroma bumbu khas arabnya sangat kuat..serta pilihan daging yang selalu jadi main course-nya...jadi kaya Seafood itu hal yang jarang ditemui, kalaupun yang cocok dilidah saya, ya makanan Thailand or Philipine. Ya seperti Tom Yam ini, pkoknya cucok banget deh kalo di Arab makan di Rumah Makan Asia..kaya nemu danau ditengah gurun pasir...aiiih lebayyy...

Resep Tom Yam

Kaldu:
1800cc kaldu udang/ayam
3btg sereh memarkan
3cm jahe memarkan
3lbr daun jeruk
4sdm kecap ikan/nampla sauce
1cm lengkuas, memarkan
2sdt minyak cabai
1/2sdt garam
3bh cabe rawit, haluskan
1bwg putih memarkan

Bahan Isi:
300gr udang besar, buang kepalanya
100gr jamur merang
8bh rawit utuh
100gr fillet kakap
50gr kerang
1btg seteh, ambil putihnya potong 2
2lbr daun jeruk iris halus
5sdm air jeruk nipis
2ikat daun kemangi

Cara membuat:
Didihkan kaldu, serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu lainnya. Rebus kemudian disaring. Panaskan lagi kaldu dan udang, jamur, fillet ikan, kerang, cabe, sereh. Sesaat sebelum diangkat, tuang air jeruk nipis dan daun kemangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar